10 Kesalahan Umum Pemilik Situs Web dan Cara Mengatasinya

Situs web menjadi salah satu platform ideal untuk memperluas bisnis dan menjangkau basis pelanggan yang lebih luas. Memiliki situs web merupakan cara yang tepat untuk memamerkan bisnis dan berinteraksi dengan pelanggan.

Situs web yang bagus tidak hanya bisa mengubah pengunjung menjadi pelanggan, tetapi juga meningkatkan loyalitas pelanggan dengan membangun hubungan emosional.

Namun, perlu diingat bahwa ada perangkap yang harus diperhatikan yang bisa memberi dampak negatif atas keberadaan situs web Anda.

Verisign, perusahaan domain dan keamanan internet, membuat daftar 10 kesalahan yang sering dibuat oleh pemilik web, yang bisa membuat pengunjung tidak betah.

Berikut ini daftar 10 kesalahan umum yang sering dilakukan, beserta tips bagi para pemilik usaha kecil untuk menghindari perangkap tersebut, seperti dirangkum KompasTekno dari keterangan tertulis Verisign, Kamis (27/4/2017).
 
1. Konten visual yang minim

Jangan membuat situs web Anda menjadi laman web yang polos, buatlah menjadi laman web yang visual dan memikat.

Pengunjung seringkali tidak mau berada dalam situs Anda untuk waktu yang lama, tetapi jika memiliki video, gambar atau infografik, Anda dapat menyampaikan pesan dengan cepat dan jelas.
 
2. Kalimat/halaman yang panjang

Kata tertulis tetap penting, tetapi ketika menyangkut situs web Anda, sedikit teks akan lebih baik. Ketika pelanggan mengunjungi situs web Anda, mereka ingin menemukan apa yang mereka cari dengan cepat dan mudah.

Memiliki laman yang penuh dengan teks akan membuat lebih banyak pelanggan yang berpaling daripada tertarik dengan situs web Anda.
 
3. Tidak mempertimbangkan akses situs menggunakan mobile

 

Akses dari perangkat mobile saat ini menyumbang 33 persen dari pendapatan belanja online di Indonesia dan hal ini hanya akan menjadi semakin penting. Ini berarti bahwa untuk menciptakan pengalaman optimal bagi pengguna, Anda harus membayangkan situs Anda akan diakses melalui perangkat mobile pada tahapan desain situs.

Sehingga berbagai hal bisa diantisipasi dengan lebih baik, seperti minimalisasi menu drop down, mengoptimalkan ukuran laman dan menciptakan pengalaman yang beragam bagi pengguna.
 
4. Tidak memedulikan perlindungan hak cipta

Situs web merupakan milik Anda dan begitu pula dengan semua yang ditulis di dalamnya. Pastikan Anda tetap seperti itu.

Jika tidak ingin konten dicuri maka pastikan Anda memiliki pernyataan bahwa hak cipta konten pada situs Anda merupakan milik Anda sendiri – pastikan pernyataan ini mudah terlihat dan senantiasa diperbarui.

sumber: http://tekno.kompas.com/read/2017/04/27/12410097/10.kesalahan.umum.pemilik.situs.web.dan.cara.mengatasinya